Rindu Menang di 3 Lembaga Survei, Asyik Menang di 1 Lembaga Survei

160

 

WARTABUANA  – Berdasarkan hasil perhitungan cepat atau quick count, Pasangan Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) memenangi pilkada 2018 di provinsi Jawa Barat pada Pilgub Jabar, Rabu (27/6/2018).

 

Kemenangan itu diungkapkan Ridwan Kamil melalui pidatonya di Hotel Papandayan, Bandung, Rabu (27/6/2018). Sebelum memulai pidatonya, Ridwan Kamil bersujud di hadapan pendukungnya. Tindakan ini kemudian diikuti sang istri, Atalia Praratya sambil menangis.

 

Kemudian Ridwan Kamil mengucap syukur atas pencapaian yang diperolehnya dalam pertarungan Pilgub Jabar 2018. Dia mengingatkan keunggulan melalui quick count belum menjadi kemenangan sebenarnya. Keputusan siapa pasangan yang akan memimpin Jawa Barat, tetap berada di tangan KPU.

 

Setelah itu, Ridwan Kamil menitipkan pesan pada pendukungnya untuk tidak merayakan keunggulan perhitungan sementara secara berlebihan.

 

“Hari ini tak boleh ada pawai. Kita tidak boleh mendahului, kita ini orang santun, taat syariat, dan taat aturan. Nanti setelah ada keputusan dari KPU barulah kita lakukan dengan cara baik dan gembira,” kata Ridwan Kamil.

 

Di hadapan orang banyak, Ridwan Kamil pun mengucapkan sumpahnya jika nanti ditetapkan secara resmi menjadi gubernur Jawa Barat. Ia bersumpah tidak akan membeda-bedakan warga Jawa Barat. “Dia adalah warga Jawa Barat yang akan saya lindungi dan tolong hidupnya,” ujar Ridwan Kamil bersemangat.

 

Sejumlah lembaga telah memfinalisasi hasil hitung cepat di propvinsi ini. Berikut hasilnya:

 

LSI (Data terkumpul 99.11% per pukul 18:24 WIB)

 

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum: 32.96%

Sudrajat-Ahmad Syaikhu: 28.13%

Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi: 25.95%

Tb Hasanuddin-Anton Charliyan: 12.96%

 

SMRC (Data terkumpul 100%)

 

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum: 32.26%

Sudrajat-Ahmad Syaikhu: 29.58%

Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi: 25.38%

Tb Hasanuddin-Anton Charliyan: 12.77%

 

Indo Barometer (Data terkumpul 100%)

 

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum: 32.48%

Sudrajat-Ahmad Syaikhu: 28.54%

Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi: 26.03%

Tb Hasanuddin-Anton Charliyan: 12.94%

 

Namun hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) menunjukkan pasangan cagub – cawagub Sudrajat – Ahmad Syaikhu menempati posisi teratas. Pasangan yang diusung Partai Gerindra, PKS dan PAN ini disebut mengantongi 30,93 persen suara. Posisi kedua ditempati pasangan Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum yang disebut mengantongi 30,41 persen suara.

 

Hitung cepat LKPI menunjukkan posisi ketiga perolehan suara ditempati pasangan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi (27,49 persen). Kemudian disusul pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan (11,17 persen).

 

Menurut Direktur LKPI Arifin Nur Cahyono, pihaknya melakukan hitung cepat dengan mengambil sample tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di desa-desa Jawa Barat. “Jadi berbeda dengan lembaga lain yang terpantau hanya di kota-kota kabupaten dan kotamadya,” ucapnya.

 

Arifin lebih lanjut mengatakan, jumlah TPS yang dijadikan Objek hitung cepat mencapai 67,3 persen berada di desa-desa di Jawa Barat. Sisanya TPS yang berada di kota kabupaten dan kota. []