Romi : Elektabilitas SBY Diatas Jokowi

87

JAKARTA, WB – Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy, menilai bahwa usul pencalonan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Cawapres bukanlah sebuah wacana yang harus diolok-olokan. Usulan itu tercuat karena banyak badan survey menilai bahwa elektabilitas SBY ternyata cukup tinggi.

“Usulan SBY sebagai Cawapres 2014 barangkali saya pertama yang serius mengusulkan pada tanggal 10 April 2014. Usulan ini jauh dari dimaksudkan  mengolok-olok atau merendahkan. Usulan ini dilatari oleh sejumlah survey tak terpublikasi merekam bahwa elektabilitas SBY masih tertinggi diantara seluruh tokoh bangsa,” beber Romi melalui pesan singkatnya, Sabtu (26/4/2014).

Dari hasil lembaga-lembaga survey `underground` itu, setelah ditelaah Romi, ternyata elektabilitas SBY antara 50-56 persen, bahkan jauh di atas kandidat capres tertinggi saat ini, Jokowi, yang hanya berada pada kisaran 33-36%.

“Usulan ini juga muncul mengingat dedikasi, pengalaman, kepiawaian berpolitik, dan dunia internasional mengenal seorang SBY,” kata Romi.

Disisi lain dari tercuatnya nama SBY sebagai Cawapres, ternyata juga dilatari kemungkinan lahirnya poros keempat diluar PDIP, Gerindra dan Golkar. Sehingga Romi membayangkan nantinya akan muncul seorang bakal Capres alternatif yang sama sekali fresh diluar seluruh nama yang beredar,

“Jika bersama SBY, betul-betul akan menjadi pasangan kandidat yang sangat diperhitungkan. Namun saya menghormati sepenuhnya tanggapan SBY atas pemikiran saya, bagi yang tidak mengikutinya secara utuh seolah-olah seperti mengolok-olok,” pungkas Romi. []