Rusia Sukses Luncurkan Rudal Satan 2

123

MOSKOW, WB – Rusia akhirnya meluncurkan uji coba misil Satan 2 dengan sukses. Menurut Kementerian Pertahanan Negeri Beruang Merah itu, aktivitas tersebut dilakukan pada Kamis lalu.

Misil yang juga dikenal dengan nama RS-28 Sarmat, diluncurkan dari Plestek Cosmodrome. Rudal itu mengudara sejauh 5.793 kilometer sebelum mengenai target di area uji coba Kura.

Dikutip dari Daily Mail, belum lama ini, tiga kapal selam yang mampu membawa hulu ledak juga sukses melakukan uji coba rudal balistik. Sementara itu, tiga target di darat berhasil disasar dengan rudal jelajah.

Militer Rusia mengatakan, dua misil kapal selam diluncurkan di Laut Okhotsk, utara Jepang, yang dekat dengan Korea Utara. Sementara itu, misil ketiga diluncurkan dari Laut Barents, Samudra Arktik.

Selain itu, pesawat pengebom strategis Tu-160, Tu-95MC, dan Tu-22M3 juga lepas landas dari beberapa pangkalan udara Rusia dan meluncurkan rudal jelajah.

Rudal tersebut berhasil mengenai target darat di Kamchatka di Rusia timur, Republik Komi di utara, dan di medan militer Rusia di Kazakhstan.

“Pasukan militer Rusia telah melakukan latihan untuk mengelola kekuatan nuklir strategisnya,” ujar Kemenhan Rusia dalam sebuah pernyataan.

“Seluruh tujuan latihan berhasil diselesaikan,” imbuh pernyataan itu,”.[]