Setelah Golkar, Emil Juga akan Ditinggal PKB

131


BANDUNG, WB – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meminta bakal calon gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, segera menentukan wakilnya lewat mekanisme musyawarah mufakat antar pantai pendukung. Pasalnya jika hal tersebut tidak dilakukan, PKB mengancam akan ikut mencabut dukungannya.

“Kalau komitmen penetapan calon wakil gubenur itu tidak dijalankan berdasarkan musyawarah partai pengusung, maka satu kata dari PKB buat kang Emil, good bye,” kata Sekretaris DPW PKB Jawa Barat, Sidkon Djampi, beberapa waktu lalu.  

Djampi sendiri mengatakan salah satu komitmen bersama itu dalam penetapan calon wakil gubernur yang akan mendampingi Emil. Kesepakatan awal penetapan bakal calon wakil gubernur akan dilakukan bersama partai pengusung melalui mekanisme musyawarah. Hal ini untuk menjaga supaya tidak ada dominasi dari salah satu pihak.

“Penetapan Cagub tetap harus disepakati semua partai koalisi. Apabila Emil tetap keukeuh menentukan calon pendampingnya sesuai kehendaknya, PKB mengancam akan mencabut dukungan politik,” tegas Djampi.

Ridwan Kamil sendiri, sebelumnya akan memutuskan nama pendampingnya dengan meminta masukan terlebih dahulu kepada tokoh-tokoh Jawa Barat. Setelah mendapatkan masukan, Emil rencananya akan mengumumkan siapa sosok yang dianggap pas sebagai Cawagub.[]