Trump Minta Apple Buka Pabrik di AS

112

WARTABAUANA – Presiden AS, Donald Trump menyuruh Apple untuk membuat produknya di dalam negeri jika ingin terhindar dari tarif impor China.

“Harga Apple mungkin naik karena tarif besar-besaran yang bisa kami kenakan ke China, tapi ada solusi mudah yang akan membuat NOL pajak, juga insentif pajak. Buat produk kalian di AS, bukan China. Mulai buat pabrik sekarang,” cuit Trump lewat Twiternya.

Melalui surat, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, California ini menyampaikan kepada pejabat di perdagangan tarif yang diusulkan akan berdampak pada `banyak` produk mereka, termasuk jam tangan pintar Apple Watch. Tapi, Apple tidak menyebutkan iPhone.

Trump, pada Jumat lalu (7/9/2018), menyatakan bahwa pemerintahannya merencakan tarif tambahan US$267 miliar untuk barang-barang dari China.

Sektor teknologi diperkirakan akan menjadi yang paling terdampak dari kebijakan tarif, salah satunya harga akan menjadi lebih mahal.

“Beban tarif yang diusulkan akan lebih banyak terasa untuk Amerika Serikat daripada China,” kata Apple dalam surat tersebut.

Selain Apple Watch, produk lainnya yang diperkirakan akan jadi lebih mahal adalah wireless earphone Airpods, headphone Beats dan speaker pintar HomePod.[]