Pendapatan Pariwisata Pedesaan China Capai 850 Miliar Yuan Pada 2019

23
Pengunjung menunjukkan buah yang baru dipetik di sebuah rumah kaca di kebun percontohan pertanian modern di Wilayah Nanhe, Provinsi Hebei, China utara, pada 11 Desember 2019. (Xinhua/Zhu Xudong)

WARTABUANA –  Pendapatan operasional sektor pariwisata pedesaan China melampaui 850 miliar yuan (1 yuan = Rp2.165) pada 2019, menambah daya dorong negara itu pada upaya vitalisasi pedesaan dan modernisasi pertanian dan pedesaan.

Total 3,3 miliar perjalanan ke wilayah pedesaan dilakukan pada tahun lalu, ujar Zeng Yande, seorang pejabat Kementerian Pertanian dan Pedesaan China, dalam sebuah forum pengembangan pariwisata pedesaan di era baru pada Sabtu (5/12).

Zeng mengatakan bahwa pariwisata pedesaan diharapkan akan menjadi industri utama perekonomian dalam dua hingga tiga tahun mendatang.

Dalam beberapa tahun terakhir, industri pedesaan telah mencatat pertumbuhan yang pesat, dan iklim bisnis untuk inovasi dan kewirausahaan juga turut meningkat, menurut forum tersebut.

Lebih dari 8,5 juta orang kembali atau pindah ke pedesaan pada tahun lalu guna memulai bisnis atau bekerja dalam bisnis inovatif, sementara jumlah perusahaan e-commercebidang pertanian melampaui 30.000.

Untuk mencapai tujuan pemberantasan kemiskinan absolut, China telah bertekad untuk memprioritaskan pembangunan pertanian dan daerah pedesaan, serta akan sepenuhnya memajukan vitalisasi pedesaan dalam tahap pembangunan barunya.[xinhua]