Home Rileks Warna-Warni Pulau Burano

Warna-Warni Pulau Burano

379

 

VENESIA, WB- Burano adalah sebuah pulau kecil di utara Laguna Venesia, Indonesia. Tempat ini dapat ditempuh sekitar 40 menit dari Venesia dengan perahu. Burano terkenal karena keunikannya, banyak waisatawan yang tertarik untuk menjelajah atau berburu foto karena warna-warni kota ini membuat pulau ini terlihat lebih cerah dan seru dibandingan Venesia yang romantis.

 

Hampir mirip dengan Venesia, ada kanal kecil di antara deretan rumah. Banyak gondola kecil yang terparkir di tepiannya. Yang membuat lebih ceria adalah warna tembok di rumah-rumahnya, sungguh beragam. Warna merah, toska, kuning, oranye, pink menyala menyelimuti tembok dan jendela di rumah sana.

Burano selain terkenal dengan rumah yang berwarna-warni dank anal-kanalnya yang indah, ia juga terkenal dengan pembuatan renda. Akan banyak ditemui took-toko yang menjual beraneka bentuk renda.

 

Dilihat dari sejarahnya, Burano adalah sebuah desa nelayan tua, yanmg popular dengan tradisi Romawi-nya sepoerti pembuatan renda dan rumah warna-warni. Pulau ini dibuat oleh orang-orang Romawi yang melarikan dari kota Altino selama invasi barba, dan nama dari pulau ini diambil dari salah satu gerbang bekas kota.

 

Dinding-dinding rumah di Burano awalnya terbuat dari anyaman bambu dan kemudian diplester dengan lumpur. Beberapa tahun kemudian, warga setempat mulai mengganti rumah lama mereka dengan rumah-rumah yang terbuat dari batu bata. Para warga juga mulai mengecat rumah mereka dengan warna-warna cerah.

 

Menurut legenda setempat, rumah warna-warni ini punya kisahnya sendiri. Dahulu, para nelayan mengecat rumah dengan warna cerah agar mereka bisa mengenali rumah masing-masing saat kembali dari melaut.

 

Saat ini, penduduk tidak bisa sembarangan mengecat rumahnya. Jika ingin mengganti warna cat, warga di Burano harus mengirim surat ke pemerintah untuk menanyakan izin. Pemerintah kemudian akan merespon permintaan itu dengan membuat sebuah pemberitahuan tentang warna yang boleh dipakai untuk mengecat rumah tersebut.[]

 

NO COMMENTS