Nasib Pencipta Lagu Bento Tidak Seperti “Bento”

125

 

SELEBERITA – Seleb multitalenta yang juga Ketua Dewan Pembina FORWAN (Forum Wartawan Hiburan) Indonesia Deddy Corbuzier tak bisa menahan haru saat bertemu Naniel Chusnul Yakin, pencipta lagu “Bento” yang dirundung malang, Jumat (8/4/2016).

Naniel memang tidak sepopuler lagu “Bento” yang sangat pas dilantunkan Iwan Fals, teman satu band saat di SWAMI. Naniel adalah wartawan hiburan di era 1980-an. Selain menulis tentang  dunia hiburan Indonesia, semasa mudanya, pria berusia 64 tahun ini juga berkesenian.

Selama ini banyak karya lagunya, seperti lagu Sangkala, Condet, dan Rog Rog Asem. Namun salah satu karya fenomenal yang sulit untuk dilupakan adalah lagu Bento.

Melihat kondisi Naniel yang kurang beruntung, tinggal di rumah sangat sederhana  dan tidak mampu beranjak karena sakit. Membuat mulut Deddy gatal dan melontarkan pertanyaan yang cukup menyentuh.

“Pak Naniel, Anda inikan sebagai orang yang menciptakan lagu Bento. Terus apa yang sudah dirasakan dari Bento itu?” tanya Deddy.

Mendengar pertanyaan seperti itu, sebelum menjawab, ayah dari 3 anak ini sempat senyum sebentar.

“Lho memang kenapa dengan lagu Bento? Dan aku sudah merasa kaya. Terus kalau memang Bento sering dinyanyikan orang di panggug dan karaoke, artinya aku sudah memberikan makan untuk mereka semuanya,” tutur Naniel merendah.

Mendengar jawaban itu, mata Deddy tampak berkaca-kaca. Ternyata mantan wartawan dan  pemusik yang kakinya terluka karena patah dan mengidap asam urat ini ikhlas lagunya bisa bermanfaat untuk orang lain.

Kunjungan Deddy hari itu didampingi pengurus FORWAN lain, diantaranya Ketua Umum FORWAN, Sutrisno Boeyil, Setia Budi AC Nurdin, Agus “Blues” Asianto dan beberapa pengurus lain. Menurut Budi, salah satu tujuan dibentuknya FORWAN adalah untuk saling berbagi dan menolong  sesama.

“Menolong itu tidak harus identik dengan materi. Banyak cara bisa kita lakukan untuk menolong orang lain. Bahkan dengan kehadiran kita saja bisa mendatangkan semangat karena kita memberikan support,” ujar Budi.

Demi memberikan dukungan terhadap Naniel, Deddy pun mengatakan,  ingin membawa Naniel sebagai bintang tamu Hitam Putih. “Saya akan perjuangkan dan akan bicara dengan para produser Hitam Putih. Supaya tidak ada lagi Naniel-Naniel lainnya yang punya karya tapi harus terkubur tanpa bisa menikmatinya,” janji Deddy.

Sekedar info, Naniel pernah tergabung dalam kelompok bermusik seperti Lemon Tree`s-nya Gombloh, Konser Rakyat Leo Kristi, SWAMI, DALBO, Suket dan sering manggung bersama Iwan Fals. 

Namaku Bento rumah real estate // Mobilku banyak harta berlimpah // Orang memanggilku bos eksekutive // Tokoh papan atas atas s`galanya // Asyik…

Ternyata lirik lagu Bento diatas, sungguh jauh panggang dari api dengan keseharian sang pencipta lagunya. []