Sejarah Surabaya Dalam Sajian Animasi

185

WARTABUANA- Sebuah keberanian dari seorang Aryanto Yuniawan, yang cukup nekat menggarap film sekelas film animasi “Battle of Surabaya”. Pasalnya untuk pangsa pasar penggila film di Indonesia, memproduksi film bergenre animasi, bisa dibilang perjudian besar. Bahkan yang sudah-sudah, film animasi produksi anak bangsa, hanya bermain dilevel program layanan berbayar (tv kabel). Ujung-ujungnyapun mati ditempat.

Lama tidak ada gebrakan dan mungkin juga ingin mematahkan stigma negatif tersebut, film hasil garapan produksi MSV Pictures ini pun mencoba-coba membidik pasar dengan memberikan daya tarik lebih, bahwa film animasi bukan sekedar film kartun yang ceritanya hanya berkisar dongeng khayalan, namun kaya informasi sejarah.

Yang membuat film ini memiliki nilai lebih, tidak lain karena diisi dengan cerita perjalanan sejarah Kota Surabaya yakni 10 November 1945. Kisah sejarah lain yang juga ingin ditampilkan adalah cuplikan pemboman kota Hiroshima yang mengakibatkan Jepang angkat kaki dari bumi pertiwi.

Sebuah tontonan hiburan dengan isi materi pendidikan sejarah, jadi enggak ada salahnya untuk mengajak keluarga menyaksikan “Battle of Surabaya”. Film ini akan mulai dipasarkan pada 15 April 2014. []