Gajah Liar Tertangkap Kamera “Mengobrol” dan Berbagi Makanan Dengan Gajah Penangkaran

27

WARTABUANA – Seekor gajah Asia liar tertangkap kamera saat “mengobrol” dan berbagi makanan dengan seekor gajah penangkaran pada Sabtu (6/3) pagi waktu setempat di China barat daya.

Cuplikan video menunjukkan seekor gajah liar jantan memasuki area Pusat Penyelamatan dan Penangkaran Gajah Asia di Kota Jinghong, Provinsi Yunnan, dan menyambangi kandang “Ai-ai”, seekor gajah penangkaran jantan berusia 54 tahun, sekitar pukul 02.27 waktu setempat.

“Di belakang saya ada tumpukan tebu, yang digunakan untuk memberi makan gajah-gajah kami. Jadi hal pertama yang dilakukan bayi gajah itu ketika datang kemari adalah makan. Tumpukan tebu di belakang saya ini tadinya disusun sangat rapi, tetapi gajah itu masuk lalu makan dan bermain di sini. Benar-benar nakal. Anda bisa lihat sekarang, jadi berantakan. Gajah itu kemudian makan sekitar 60 atau 70 potong tebu seperti ini, lalu pergi ke sisi lain dan menikmati rumput gajah yang kami beli untuk memberi makan gajah-gajah kami. Setelah makan di sana sebentar, gajah liar itu tidur di sebelahnya. Saya melihat di monitor, gajah itu tertidur sekitar 45 menit,” ujar Xiong Chaoyong, penjaga gajah.

Ini pertama kalinya pusat tersebut menangkap interaksi langka antara gajah liar dan gajah penangkaran.

Sejak 1958, Yunnan telah mendirikan 11 cagar alam tingkat nasional dan regional di daerah tropis, dengan luas total areanya mencapai sekitar 510.000 hektare, menyediakan tempat berlindung bagi populasi gajah Asia.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Yunnan, China. (XHTV)

Baca Juga :  Indonesia Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin COVID-19 Produksi Bio Farma