Lagu “Online” Rifat Issyam Karya Dadang S Manaf Terinspirasi Belajar Online Via Zoom

26

WARTABUANA – Pecipta lagu pop senior Dadang S Manaf langsung kepincut begitu mendengar suara emas dan melihat penampilan Rifat Issyam Yudistira, putra bungsu pasangan Samsudin dan Is Ijra Junengsih.

Menurut Dadang, modal dasar  menjadi seorang penyanyi sudah dimiliki Rifat Issyam. Selain memiliki suara bagus, anak tentara perpangkat Serka di Batalyon 33 Grup 3 Kopassus ini juga berani dan memiliki rasa percaya diri.

Single debut Rifat Issyam berjudul “Online” itu di-launching pada Jumat, 13 Nopember 2020 di sebuah kafe di kawasan Pasar Rebo,  Jakarta Timur.

Meskipun terkenal sebagai pencipta lagu-lagu pop romantis, namun Dadang juga piawai membaca trend. Lagu ini terinspirasi kondisi Pandemi Covid-19 yang memaksa anak belajar di rumah secara online.

Menurut ibunya, darah seni yang menitis kepada Rifat Issyam mungkin berasal dari neneknya yang juga penyanyi. Wanita yang biasa disapa Iis ini sangat mendukung putranya menjadi penyanyi.

Sebagai ayah, Samsudin mengaku bangga dengan anaknya yang pemberani, dan punya rasa percaya diri tinggi. Karena dirinya sering bertugas ke luar kota, dia mempercayakan istrinya untuk membimbing Rifat.

Rifat Issyam mengaku senang menyanyikan lagu Online, karena merupakan pengalaman pribadi dan pengalaman banyak anak seusianya yang rindu suasana sekolah. []