Mengintip Perayaan Festival Lampion di Kampung Halaman Konfusius

33

WARTABUANA –  Ini adalah lampion China yang dibuat dengan seni menggunting kertas (paper-cutting) tradisional. Saya ingin memberikannya kepada para penonton dan berharap keberuntungan selalu menyertai Anda di Tahun Kerbau.

Festival Lampion China merupakan acara perayaan penting pertama setelah Tahun Baru Imlek. Hari ini, banyak aktivitas yang akan diselenggarakan. Orang-orang berkumpul dengan keluarga dan teman-teman mereka, pergi melihat lampion, membuat lampion sendiri, dan menikmati hidangan tradisional dalam porsi besar.

Kita sedang berada di kampung halaman Konfusius, yaitu Kota Qufu di Provinsi Shandong, China timur. Warga di kota ini membuat jenis lampion yang sangat spesial untuk merayakan festival tradisional ini, dan banyak hal menarik lainnya dilakukan di sini. Mari bergabung dengan mereka! Membuat lampion dari lobak merupakan tradisi spesial di kampung halaman Konfusius, dan seluruh prosesnya menyerupai pembuatan Jack-O’Lantern.

Anda harus mencuci lobak, membuat sketsa desain di atasnya, mengeluarkan isinya dengan sendok, mengukir sketsa menggunakan pisau khusus, dan Anda harus berhati-hati agar tidak memotongnya. Langkah terakhir adalah menyalakan lilin menggunakan pemantik dan menaruhnya di dalam lampion.

Kini Anda memiliki lampion yang indah, dan Anda tidak perlu khawatir soal api. Salah satu hidangan paling terkenal saat Festival Lampion China adalah Yuanxiao, atau pangsit manis. Di sini, orang-orang membuat pangsit manis sendiri. Anda harus membuat pasta atau isian wijen terlebih dahulu. Ini adalah campuran wijen, madu, dan zaitun manis. Rasanya manis dan memiliki wangi khas zaitun.

Resep tradisional pangsit manis di China utara berbeda dengan resep di China selatan. Orang-orang akan mengocok pasta pada tepung beras ketan, sementara di wilayah selatan orang-orang biasanya menggunakan adonan beras ketan. Selama dikocok, pasta itu akan membesar.

Baca Juga :  Wow! Kematian Akibat COVID-19 Global Tembus Angka 2,5 Juta

Orang-orang merendamnya di dalam air untuk menjadikannya semakin lengket, dan mengulangi proses itu sekitar lima atau enam kali. Dan, hidangan lezat ini selesai dibuat. Festival Lampion China juga menandai akhir dari liburan panjang Festival Musim Semi. Setelah itu, orang-orang akan bersiap untuk kembali bekerja. Saya pun sebaiknya pergi dan memasak Yuanxiao saya, lalu bersiap melakukan pekerjaan saya.”

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Jinan, China. (XHTV)