Spektakuler! Anna Mariana Padukan Fashion Show dengan Seni Tradisional

39

WARYABUANA – Perancang busana Anna Mariana gelar show tunggal bertema Nautical Archipelago di ajang Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) 2019. Hampir satu jam 60 rancangan  Anna dan dua putri kembarnya, Sasha dan Quita tampil berkolaburasi dengan seni budaya tradisional.

“Kami tidak sekadar  menggelar fashion show biasa, yang menampilkan peragawati berjalan di atas cat walk. Namun menggabungkannya  dengan pertunjukan tari  tradisional dan solo violin.  Kita panggungkan beragam  jenis tari Indonesia yang sangat kaya,”  papar Anna Mariana di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10/2019) malam.

Penggiat pelestarian tenun dan songket ini memaparkan,  dalam fashion show itu ada 30 busana rancangannya dan 20 lainnya karya Sasha dan Quita yang mulai berkiprah sebagai perancang busana di bawah label House of Marsha by Sasha dan House of Marsha by Quita.  Sepuluh busana koleksi baju pria  dibawah label House of Marsha by RMD  (Raden Mas Dika).

Karya busana Anna  Mariana muncul di sesi akhir berupa ragam busana hijab modern trend 2020. Semuanya  dikemas dari kain tenun etnik dengan beragam corak dari  sejumlah kawasan di  Nusantara.

“Sentuhan modern  di atas tenun  nusantara, diperlihatkan  dengan tambahan lace sparkling  pada beberapa bagian, seperti yang dikenakan muse malam ini, Bunga  Jelitha Ibrani dan Senk Lotta,” terang Anna.

Sedangkan, karya Sasha  dengan baju casual  pas badan menggunakan kain khas Bali, baik  tenun Rang Rang maupun Endek. Begitu pula dengan karya Quita yang diperuntukkan bagi  kaum milenial memunculkan busana  dari tenun Garut lurik Jepara.[]