Harta Karun Istana Musim Panas Lama China Kembali ke Tempat Asalnya

49

WARTABUANA – Patung kepala kuda perunggu, harta karun Istana Musim Panas Lama China yang hilang usai penjarahan yang dilakukan pasukan sekutu Anglo-Prancis 160 tahun silam, dikembalikan ke tempat asalnya pada Selasa (1/12).

Ini kali pertama peninggalan budaya penting yang hilang dari Istana Musim Panas Lama, atau “Yuanmingyuan”, dikembalikan dan disimpan di lokasi aslinya setelah dipulangkan dari luar negeri.

Patung kepala kuda perunggu yang dikembalikan di Istana Musim Panas Lama, atau “Yuanmingyuan”, pada 1 Desember 2020. (Xinhua/Li He)

Dua belas patung kepala hewan pernah membentuk jam air zodiak di Yuanmingyuan, Beijing, yang dibangun oleh Kaisar Qianlong dari Dinasti Qing (1644-1911). Patung-patung itu dijarah dari taman kerajaan oleh pasukan sekutu Anglo-Prancis pada 1860 saat Perang Opium Kedua (1856-1860).

Patung kepala kuda itu, yang dirancang oleh seniman Italia Giuseppe Castiglione dan dibuat oleh para pengrajin kerajaan, merupakan perpaduan artistik Timur dan Barat.

Miliarder asal Makau, Stanley Ho, membeli patung kepala kuda perunggu itu dan memutuskan untuk menyumbangkannya ke Administrasi Warisan Budaya Nasional dan mengembalikannya ke tempat asalnya.[Xinhua]