Koala “Mujur” Terselamatkan di Talan Tol Australia Selatan, Meski Picu Tabrakan Beruntun

45

WARTABUANA – Seekor koala “mujur” berhasil diselamatkan usai berlari melintasi sebuah ruas jalan tol di Australia Selatan yang menyebabkan tabrakan beruntun enam mobil.

Kepolisian Australia Selatan mengonfirmasi bahwa kecelakaan beruntun pada Senin (8/2) pagi itu terjadi saat seorang pria menghentikan mobilnya di Jalan Tol Tenggara (South Eastern Freeway) di Adelaide untuk berusaha menyelamatkan seekor koala di jalan itu. Nahas, mobilnya ditabrak dari belakang dan menyebabkan tabrakan beruntun.

Nadia Tugwell, wanita asal Adelaide, mengatakan kepada radio Australian Broadcasting Corporation (ABC) bahwa hewan marsupial itu akhirnya ikut dalam mobilnya setelah misi penyelamatan yang memakan waktu lama.

“Saya sedang sibuk dengan urusan saya sendiri ketika tiba-tiba saja saya melihat seekor koala kecil berada di antara mobil-mobil dan penghalang beton, tepat di dekat saya,” ujarnya.

“Koala itu sangat lucu … seperti berlari mengentak-entak di antara mobil dan penghalang. Lalu, saya melihat seorang wanita mengejar di belakangnya, berusaha menangkap dengan selimut atau semacamnya.”

“Ketika koala itu melihat saya, hewan tersebut langsung berbalik hendak lari kembali ke arah sebaliknya. Tetapi, di belakangnya ada wanita itu, jadi kami pun langsung menangkapnya, menutupinya (dengan selimut), dan akhirnya hewan itu ada di mobil saya karena wanita tadi membawa anak-anak di mobilnya.”

Tugwell, yang juga pernah menyelamatkan beberapa hewan, mengatur untuk bertemu dengan pihak Organisasi Penyelamatan Koala Adelaide (Adelaide Koala Rescue) di sebuah pom bensin terdekat.

Sambil menunggu, marsupial itu terlihat nyaman memegangi setir mobil.

Ann Bigham, sukarelawan dari Koala Rescue Adelaide, mengatakan koala itu lolos dari peristiwa tersebut tanpa luka. Hewan itu kemudian dilepaskan di lokasi yang berjarak 1 kilometer dari jalan tol itu.

Baca Juga :  Wow, Ini Dia Kereta Bayi Paling Mahal di Dunia

“Kondisi koala itu sangat baik. Dia beruntung tidak tertabrak sama sekali. Berkat upaya para penyelamat, koala itu dalam kondisi aman,” ujarnya.

Satu orang yang terlibat dalam kecelakaan mobil itu dilarikan ke rumah sakit akibat cedera leher. Damien Eichner, aparat Kepolisian Australia Selatan, melontarkan imbauan agar para pengemudi tidak berhenti di jalan tol.

“Siapa pun yang meninggalkan kendaraan mereka di jalan tol yang ramai seperti itu menempatkan diri mereka dalam risiko ekstrem,” papar Eichner.

“Meski keselamatan hewan penting bagi kita, keselamatan manusia lebih penting lagi.” [Xinhua]