Helikopter NASA Sukses Lakukan Penerbangan Kedua di Mars

9

WASHINGTON – Helikopter Ingenuity milik NASA berhasil merampungkan penerbangan keduanya di Mars pada Kamis (22/4), mencapai ketinggian maksimum yang lebih tinggi, durasi yang lebih lama, dan gerakan ke samping, menurut NASA.

Ingenuity kembali lepas landas pada pukul 05.33 EDT (16.33 WIB). Penerbangan baru tersebut, menyusul penerbangan pertamanya pada Senin (19/4), berlangsung selama 51,9 detik dan terbang hingga ketinggian 5 meter.

Setelah helikopter terbang sesaat, sistem kendali penerbangan sedikit memiringkannya sehingga sebagian dorongan dari rotor counter-rotating mempercepat gerakan helikopter tersebut menyamping sejauh 2 meter.

Ingenuity tiba di Kawah Jezero Mars pada 18 Februari, menempel pada wahana penjelajah Perseverance NASA. Helikopter tersebut merupakan sebuah demonstrasi teknologi dengan durasi uji terbang yang direncanakan hingga 30 hari Mars.

Diturunkan ke permukaan Kawah Jezero pada 3 April, Ingenuity saat ini berada dalam masa uji terbang 30 hari Mars.

Setelah data dan gambar menunjukkan bahwa helikopter Mars itu tidak hanya berhasil dalam penerbangan kedua namun juga terbang seperti yang diharapkan, tim Ingenuity tengah mempertimbangkan cara terbaik untuk memperluas profil penerbangan berikutnya guna memperoleh data penerbangan tambahan dari uji penerbangan pertama sukses di planet lain itu, tutur NASA. [Xinhua]

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments