Sekjen PBB Serukan Komitmen Pulihkan Planet Bumi

2
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menghadiri konferensi pers gabungan untuk meluncurkan Laporan Kondisi Iklim Global pada 2020 di kantor pusat PBB di New York, pada 19 April 2021. (Xinhua/Xie E)

 

PBB – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres pada Rabu (21/4) menyerukan komitmen untuk memulihkan planet dan berdamai dengan alam dalam pesannya untuk memperingati Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada Kamis (22/4).

Tahun ini, Hari Bumi Sedunia dirayakan di saat planet Bumi berada “pada titik kritis,” sementara umat manusia terus menyalahgunakan alam, kata sekretaris jenderal PBB itu dalam pesannya.

Para penjaga berdiri di dekat badak putih utara betina bernama Najin di dalam kandang terbuka di Konservasi Ol Pejeta di Nanyuki, Kenya, pada 17 April 2015. (Xinhua/Sun Ruibo)

“Kita dengan seenaknya menjarah sumber daya bumi, menguras kehidupan liarnya serta memperlakukan udara, daratan, dan laut sebagai tempat pembuangan. Rantai makanan dan ekosistem penting terseret ke jurang kehancuran,” kata Guterres.

“Ini bunuh diri. Kita harus berhenti berperang melawan alam dan merawatnya agar kembali sehat,” katanya.

Menurut Guterres, perang itu dapat diakhiri dengan aksi yang berani untuk membatasi kenaikan suhu global di angka 1,5 derajat Celcius, langkah-langkah yang lebih kuat untuk melindungi keanekaragaman hayati, serta mengurangi pencemaran dan limbah.

Orang-orang mengamati sampah lautan yang dipertunjukkan dalam acara Hari Laut Sedunia di Akuarium Vancouver di Vancouver, Kanada, pada 8 Juni 2019. (Xinhua/Liang Sen)

Guterres meyakinkan bahwa langkah-langkah itu tidak hanya akan melindungi planet Bumi, yang merupakan “satu-satunya rumah kita”, tetapi juga “menciptakan jutaan pekerjaan baru.”

“Pemulihan dari pandemi COVID-19 adalah kesempatan untuk membawa dunia ke jalur yang lebih bersih, lebih hijau, dan lebih berkelanjutan,” ujarnya.

“Mari kita semua berkomitmen untuk bekerja keras memulihkan planet kita dan berdamai dengan alam,” katanya pada peringatan tahunan itu.  [Xinhua]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments