Ini Dia Kebiasaan Yang Dapat Merusak Gigi

127


WARTABUANA- Setiap orang ingin memiliki gigi putih, bersih dan sehat. Dengan gigi yang bersih akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Namun tahukah anda ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan ternyata dapat merusak gigi anda.


Apa saja kebiasaan yang dapat merusak gigi? Ini dia:

 

Berenang


Jika menghabiskan lebih dari 6 jam dalam seminggu untuk berenang,ini akan berefek pada kondisi gigi Anda. Gigi selalu bersentuhan dengan air kaporit yang mengandung bahan kimia. Jadi, hindari terlalu banyak menghabiskan waktu di dalam kolam renang.

 

Kopi


Warna gelap kopi dan keasamannya dapat menyebabkan gigi menguning dari waktu ke waktu. Memang saat ini sudah banyak tehnik pemutihan gigi yang ditawarkan. Namun, untuk tetap menjaga warna gigi Anda tetap alami, ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan minum kopi.

 

Mengunyah Batu Es


Memang benar jika batu es/ es batu tidak memiliki kandungan gula atau pemanis. Sehingga wajar jika anda beranggapan, bahwa mengunyah es batu atau menghancurkannya dengan gigi anda tidak akan merusak gigi anda. Namun bukan karena kandungan pemanis saja yang mampu merusak gigi, namun mengunyah es dengan tekstur yang begitu keras dapat merusak gigi anda salah satunya dapat memecah email gigi dan membuat gigi anda retak. Dan apabila anda ceroboh saat mengunyahnya, hal tersebut dapat mengiritasi jaringan lunak dalam gigi yang kemudian bisa memicu sakit gigi.

 

Menggunakan Gigi Sebagai Alat Bantu


Kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang adalah menggunakan gigi sebagai alat bantu, hal ini dapat emnyebabkan gigi menjadi rusak. Gigi akan mudah rapuh dan member trauma pada gigi.

Obat Kumur


Tahukah jika obat kumur yang Anda gunakan untuk membersihkan mulut, ternyata bisa berbahaya juga untuk gigi? Adanya kandungan chlorhexidine glukonat dalam obat kumur akan membuat sisa makanan yang tertinggal dalam mulut meninggalkan warna kekuningan, dengan proses kimia yang terjadi.

 

Permen Kenyal


Semua hal yang “manis” dapat mempromosikan kerusakan gigi. Permen kenyal dapat dengan mudah menempel di gigi, menjaga gula dan asam yang dihasilkan kontak dengan enamel gigi selama berjam-jam.

 

Merokok

 

Rokok, serta produk-produk tembakau lainnya, dengan cepat menodai gigi dan menyebabkannya copot (sebelum waktunya, Red.) sebagai akibat dari penyakit gusi. Tembakau juga dapat menyebabkan kanker mulut, bibir, dan lidah.[]