Tips Jitu Atasi Pegal Setelah Olahraga

109

 

WARTABUANA- Banyak sekali orang melakukan olahrga di akhir pekan. Terkadang setelah berolahraga seperti berlari, angkat beban dan zumba, otot-otot terasa nyeri dan pegal.  Anda jangan khawatir, karena ini termasuk hal yang wajar.
 

Untuk meredakannya, anda dapat menggunakan banyak cara. Ini dia caranya:


Gunakan Salep Anti-nyeri

Gunakanlah salep anti-nyeri, caranya oleskan salep anti-nyeri ke bagian tubuh yang nyeri dan pegal dan urut-urutlah sedikit.


Cuka Sari Apel, Sari Jahe, dan Madu
 

Cuka sari apel, sari jahe, dan madu adalah bahan-bahan alami yang mampu meredakan nyeri otot. Kombinasi ketiganya mampu mengurangi peradangan otot setelah berolahraga sehingga rasa nyeri berkurang.
 

Caranyanya campurkan dua sendok makan cuka sari apel, satu sendok makan sari jahe, dan satu sendok makan madu ke dalam satu cangkir. Kemudian, segera konsumsi. Anda pun bisa menjadikannya sebagai minuman dengan menambahkan air secukupnya.


Buah Ceri

Menurut penelitian tahun 2010 yang diterbitkan Scandinavian Journal of Medicine dan Science in Sports, jus ceri memiliki anthocyanin, yaitu senyawa anti oksidan yang dapat menurangi pegal-pegal dan nyeri otot sehabis berolahraga. Kandungan yang sangat baik pada buah ceri ini bekerja dengan mengurangi peradangan pada otot.


Teh Melati

Minum secangkir teh hangat beraroma melati juga bisa membantu melepas lelah sehabis berolahraga.


Air Dingin

Segera mandi air dingin setelah berolahraga untuk menurunkan risiko inflamasi pada otot.
 

Sabun Serai
 

Mandi dengan sabun serai juga obat untuk menghilangkan pegal. Pun memberikan efek rileks melalui aroma serainya yang menenangkan.[]