Wow, Ini Dia Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan

90

 

WARTABUANA- Ikan lele adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena memiliki tubuh yang licin, agak panjang dan memiliki kumis yang panjang.

 

Ikan lele sering sekali dijadikan makanan oleh orang-orang Indonesia karena ikan ini sangat mudah untuk di budidaya dan juga sangat murah harganya. Namun masih banyak orang yang belum tahu manfaat ikan lele.

 

Ini dia manfaat ikan lele bagi kesehatan:

Buat Jantung dan Otak Sehat

Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang ada dalam ikan lele setara dengan mahal ikan salmon. Ikan lele mempunyai manfaat yang sama. Ikan lele mampu memberikan pasokan 220 mg asam lemak omega-3 serta 875 mg asam lemak omega-6.

 

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka


Tidak hanya ikan gabus saja yang dapat menyembuhkan luka, ikan lele juga mempunyai manfaat untuk menyembuhkan luka.

 

Kaya Omega 3


Kandungan omega 3 memang sudah tidak di ragukan lagi pada ikan lele ,selain ikan salmon dan tuna yang paling tinggi ikan lele tergolong dapat menyaingi hal tersebut.seperti yang kita ketahui omega 3 bermanfaat dalam perkembangan saraf otak ,seperti menignkatkan kecerdasan,intelektual dan omega tiga juga bermanfaat dalam perkembangan otak janin ,penglihatan janin dan struk saraf pada bayi.

 

Rendah lemak


Lemak yang terdapat pada ikan lele adalah lemak dengan sifat yang sederhana, yaitu trigliserida yang netral. Lemak yang rendah ini banyak terdapat di bagian perut, terutama pada tubuh ikan bagian sebelah bawah serta yang terdapat di dalam hati ikan. Terdapat juga lemak yang bersifat komplek. Karena rendah lemak maka kolesterol secara tak langsung dapat ikut tertekan.

 

Kaya Fosfor


Fosfor yang terdapat pada ikan lele yang mencapai hingga 167 mg/ 100 gram terbukti lebih tinggi daripada telur yang hanya mempunyai kandunga 100 mg. Fosfor bermanfaat untuk memberi energi dalam metabolisme lemak dan pati, oleh karena itu hal tersebut mampu menunjang kesehatan gusi dan gigi, membantu sistesis DNA.

 

Kaya Protein


Ikan lele adalah ikan air tawar yang dapat menjadi sumber protein hewani yang cukup tinggi, yaitu sekitar 20%. Keistimewaan protein yang terkandung di dalam ikan adalah karena protein pada ikan tak hanya berfungsi menambah jumlah protein yang Anda santap tetapi sekaligus dapat menjadi pelengkap mutu protein yang ada dalam menu makan Anda. Dalam protein ikan lele terkandung semua asam amino esensial lisin, metionin dan leusin  dengan kadar protein yang lebih tinggi bila dibanding dengan protein pada susu dan daging. Perlu Anda ketahui bahwa hampir 80% ikan tawar darat mengandung protein dengan kadar sistin dan metionin yang tinggi. Leusin berguna untuk membantu proses pertumbuhan pada anak, juga berguna untuk pembentukan dan perombakan otot. Lisin membantu proses pertumbuhan anak, sedang pada proses pengobatan penyakit herpes diperlukan lisin yang akan menjadi kerangka untuk niasin.[]