Mari Berlibur Ke Sumatera Utara

251


WARTABUANA- Jika mendengar Sumatera Utara, maka anda pasti akan teringat Danau Toba. Tapi tahukah anda bahwa di Sumatera Utara memiliki banyak tempat wisata yang indah-indah selain Danau Toba.

Dimana saja tempat indah di Sumatera utara? Ini dia:

Danau Toba 

Tempat wisata di medan yang pertama adalah danau toba. Nama Danau vulkanis yang paling besar dan luas di dunia ini sudah sampai ke mancanegara. Danau ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang teramat besar. Letusan tersebut membentuk kawah yang besar dan lama-kelamaan akan terisi air.
 

Danau Toba merupakan salah satu wisata alam andalan dan terpopuler di Sumatera Utara. Danau Toba mempunyai air biru jernih, dengan pegunungan hijau di sekelilingnya, dan udara yang sejuk. Di tengah Danau Toba ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Samosir, luasnya kurang lebih 647 kilometer persegi.
 

Untuk menikmati indahnya danau, anda dapat berkeliling menggunakan sepeda yang dapat disewa. Keliling di sepanjang tepi danau, kegiatan yang sungguh menyenangkan. Aktivitas lain yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke Danau Toba antara lain adalah olahraga air, berenang, dan menyewa boat untuk jelajah danau. Oh, ya, bagi anda yang ingin tinggal lebih lama di Danau Toba, dapat menyewa penginapan atau hotel yang tersedia di sekitar obyek wisata eksotis ini. Alamat : Parapat, Sumatera Utara.

 
Museum Sumatera Utara

Museum Sumatera Utara berlokasi di Jalan H.M Jhoni Nomor 51, Medan. Museum ini adalah museum terbesar di Sumatera Utara yang memiliki beragam jenis peninggalan sejarah dan budaya Sumatera Utara. Museum yang berdiri di atas lahan seluas 10.468 meter persegi ini terdiri dari dua lantai yang terbagi menjadi beberapa ruangan, yaitu ruangan pameran tetap, ruang pameran temporer, ruang audio visual, dan lain-lain.
 

Museum Sumatera Utara memiliki 6.799 koleksi yang terdiri dari hewan khas Sumatera, diorama kehidupan pra sejarah, arca peninggalan Hindu – Budha, dan peninggalan bersejarah lain.

Danau Siombak

Danau Siombak berlokasi di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan. Danau Siombak merupakan danau buatan dengan luas mencapai 40 hektar yang terletak di antara Sungai Deli dan Sungai Terjun. Meskipun danau ini merupakan danau buatan, akan tetapi airnya sangat jernih dengan warna biru kehijauan. Hal ini ini karena di dasar danau ditumbuhi oleh lumut dan ganggang.
 

Anda bisa melakukan aktivitas memancing di sini. Anak-anak juga bisa berenang di kolam mini atau bermain di kolam mandi bola. Biaya masuk Danau Siombak hanya 2.000 Rupiah saja.

Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso terletak dekat dengan Desa Tongging, Sumatera Utara. Air Terjun Sipiso-piso dikelola sebagai salah satu tempat wisata di Sumatera Utara oleh Pemerintah Kabupaten Karo. Kata piso berasal dari kata pisau karena derasnya air terjun ini bagaikan pisau yang tajam. Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu air terjun yang paling tinggi di Indonesia.

Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara, Salju Panas Dolok Tinggi Raja murupakan sebuah kawasan bukit kapur dengan warna yang unik. Mirip dengan sebuah danau, Salju Panas Dolok Tinggi Raja memiliki warna tanah yang unik yaitu bewarna putih sehingga menyerupai salju. Selain itu, di tengah-tengah kawasan ini terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijauan. Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang belum terkenal namun sangat menarik untuk dikunjungi, namun perlu diingat bahwa jalan menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja kualitasnya kurang bagus bahkan banyak warga setempat yang meminta uang.

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser adalah sebuah area pelestarian alam yang berlokasi di 2 Provinsi yaitu Sumatera Utara dan Aceh. Selain berfungsi sebagai area pelestarian alam, Taman Nasional Gunung Leuser juga menjadi tempat wisata alam di Sumatera Utara yang cukup menarik karena keanekaragaman fauna dan floranya. Taman Nasional Gunung Leuser sangat cocok untuk mencari ketenangan dari keseharian suasana kota yang biasa kita rasakan.

Bukit Lawang
 

Lokasi wisata Bukit Lawang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Jika menempuh perjalanan dari Kota Medan, kita akan menghabiskan waktu selama 3 jam untuk sampai ke sini. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi anda yang suka menjelajah hutan serta melihat kehidupan satwa liar secara langsung.

Bukit Lawang merupakan sejenis hutan tropis yang ada di pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser. Aktivitas lain yang bisa dilakukan keik berada di Bukit Lawang dalah trekking dan rafting.[]